Minggu, 11 Februari 2018

kebebasan yang membahagiakan

Ini tentang bahagiamu.
Apa yang membuatmu bahagia?
Apakah itu tentang uang, kecantikan, ketenaran, kalau aku, aku memilih kebebasan sebagai tujuan bahagiaku.
Bebas dalam menentukan inginku, bebas dalam menjalankan kehendakku, bebas berekspresi dan mendapatkan hakku. Aku bebas dan aku bahagia dengan ini.
Kebebasan menjalankan apa yang aku yakini itu sangat menyenangkan. Seakan dunia ku penuh sudah milikku. Aku adalah diriku sendiri, Aku adalah siapa dan bagaimana diriku inginkan. Aku tidak dipaksa menjadi siapa yang aku tidak ingin menjadi siapa itu.
Aku tidak dituntut untuk melakukan apa yang aku tidak suka untuk aku melakukan itu, dan aku pun puas untuk bertanggung jawab kepada apa yang aku putuskan.
Aku bersyukur ya Allah, aku lahir di keluarga yang menjadikan aku bebas memilih akan menjadi siapa aku ini.
Banyak di sana, di luar sana, di sekelilingku yang mereka ternyata tak bahagia. Bukan karena kurang harta, atau tak puas akan tampang rupanya, tapi karena mereka tak diberi kebebasan untuk menjadi siapa yang mereka harapkan. Sungguh menyakitkan hidup ini jika sebagai manusia baru, kita di pasung oleh harapan-harapan orang untuk menjadi seorang yang kita tak ingin perankan, atau untuk menjalankan kehidupan yang sepenuhnya tak sudi kita jalankan.
Tapi aku, aku cukup bahagia. Aku bahagia.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar